Ilmu, Harta, atau Cinta?



Ilmu, Harta, atau Cinta?

Jadi gaiss, di artikel kali ini aku bakal bahas tentang mimpi aku dua hari lalu yang sukses bikin aku gusar selama dua hari ini. Di mimpi itu aku ada dalam keadaan di mana aku ketemu sama laki-laki yang aku sendiri gak tau mukanya, tapi yang pasti dia punya postur tubuh yang tinggi dan ideal. Yang aku inget, terakhir kali sebelum aku bangun itu ada adegan di mana dia senyum dan itu manis banget plis!. Dimohon dengan sangat kalian jangan tanya gimana caranya aku gatau  muka dia tapi bisa liat dia senyum. Aku gak tau antara aku yang sebenernya udah liat mukanya tapi lupa atau gimana, tapi yang pasti aku inget banget dia senyum gaiss, dia senyum ko, dia senyum!. Besoknya aku langsung cari tau arti mimpi itu, dan menurut sumber yang aku dapet  itu adalah gambaran dari jodoh aku... Hah? Iya gitu? Yaudalayah cuman bunga tidur kok. Sebenernya sampe disitu saja si masalah mimpinya. Tapi setelah itu, aku jadi malah banyak mikir sampe mimpi itu berkembang dan menimbulkan sebuah pertanyaan yang aku juga bingung jawaban pastinya itu apa. Dan aku rasa aku pengen  bagiin ini sama kalian hehe.

Aku jadi mikir gimana  kalo calon suami aku nanti itu adalah sosok yang selektif, atau mungkin sangat kritis. Bisa aja kan kalo ternyata calon suami aku nanti bakalan nyodorin beberapa pertanyaan buat nguji aku atau sekedar buat memenuhi kepuasan hatinya, who knows?  bahkan kita semua juga gak tau pertanyaan konyol semacam apa yang bakal dia kasih. Gimana  kalo ternyata calon suami aku nyuruh aku buat milih salah satu diantara ilmu, harta, atau cinta?...Ha? gimana caranya aku milih salah satu itu ketika aku ngerasa kalo ketiganya penting buat aku?. “HA??” adalah satu-satunya kata yang terlintas di pikiran aku untuk pertama kalinya, seaneh itu loh!. Ada banyak pertanyaan yang muncul ketika sang calon suami menyodorkan pertanyaan semacam itu, mungkin dia ragu, pengen ngetest, atau mungkin dia pengen ngebuktiin apa aku itu termasuk cewe yang pintar, perasa, atau justru materialistis. Hmmmm deh 10 jam hahaha. Tapi setelah aku pikir ulang, mungkin aja dia nanya kaya gitu ya emang dia bener-bener pengen tau apa pilihan kita. Kira-kira kalo kalian ada di posisi itu gimana? Kalian bakalan jawab dengan senang hati? Ngerasa kalo itu merupakan salah satu bentuk pelecehan dari sang calon suami? atau yang lainnya?. Kalo buat aku pribadi sih aku bakalan tetap jawab, toh gaada salahnya juga kan dia nanya kaya gitu. Entah dia bakalan suka atau engga sama jawabannya, ya itu masalah dia.
1. Ilmu
Aku, dan bahkan kita semua gak bisa pungkiri kalo ilmu itu emang penting banget buat hidup kita gaiss. Kita bisa dapet harta bahkan juga cinta kalo kita punya ilmu. Bayangin aja, peluang kita buat dapetin ketiganya itu gede banget kalo kita pilih ilmu...ya kan?. Tapi jujur sih hal pertama yang aku pikir aku bakalan pilih itu ya ini. Selain itu, kita juga bakalan dapet bonus kalo kita pilih ilmu karena biasanya orang yang berilmu itu punya etika yang bagus lho gaiss. Wow banget kan?. Tapi rasanya gak adil kalo kita cuman bahas ilmu aja, jadi aku pikir aku juga bakalan bahas tentang pilihan lainnya.

2. Harta
Seneng gak seneng, aku harus akuin kalo harta juga megang peranan yang penting dalam hidup kita. Dan kalo dipikir secara realistis, dengan kita memilih harta, kita juga bisa dapetin ilmu dan cinta sekaligus. Kita bisa beli buku, les, sekolah tinggi pakai duit sampe dapet ilmu. Yaa walaupun ga ada yang bisa jamin kita bakalan dapet ilmunya  atau enggak, ya itu balik lagi sama diri kita masing-masing. Dan soal cinta, menurut aku pribadi mungkin kita juga bisa sedikit lebih mudah dapetin cinta dengan harta. Menurut aku ya gaiis,, kalo pendapat kalian beda, itu hak kalian.

3. Cinta
Entahlah, yang aku tau aku butuh ini, sangat butuh. Bagi aku, ini lebih dari sekedar masalah rasa, ini soal kenyamanan dan kedamaian yang semua orang memerlukannya. Gatau  kenapa aku juga setuju kalo cinta adalah sumber dari segalanya. Jadi apakah aku termasuk budak cinta? engga lah haha. Untuk aku, cinta itu bukan sekedar rasa yang mengikat dua insan (pasangan) yang sedang jatuh hati. Lebih dari itu, cinta yang utama itu bersumber dari Allah dan yang ke-2 dari Rasulullah. Kalo kita sudah punya kedua itu, maka semua cinta yang ada di alam ini udah ada di genggaman kita loh. Karena dari sana kita diajarkan tentang cinta-cinta yang lainnya, cinta terhadap orang tua, cinta terhadap semua makhluk-Nya, dan cinta dua insan dalam sebuah ikatan yang suci. Menurut aku semua ini juga bisa jadi bekal buat kita dalam menjalani hidup.
.
.
.

Egoisku, aku ingin semuanya .
kalo kalian gimana?






Komentar

Devvv mengatakan…
Sukaaa bahasannya. Semangatt teruss
Devvv mengatakan…
Sukaaa bahasannya. Semangatt teruss
Anonim mengatakan…
Seru juga, sering-sering nulis lagi ya
Anonim mengatakan…
Bagus isi tulisannya👍👍. Kalau saya, pilih ilmu. Karena menurut saya semuanya bersumber dari ilmu. Harta membutuhkan ilmu bukan hanya pada proses untuk mendapatkannya, tetapi juga pada saat sudah memilikinya. Ilmu dibutuhkan untuk mengatur harta itu harus digunakan untuk apa dan seperti apa, apakah hal itu akan merugikan atau justru membawa banyak manfaat. Lalu cinta, dengan ilmu kita mengenal cinta seperti saat kita terlahir dengan cinta kedua orangtua tapi saat itu kita belum terlalu mengerti, dengan kasih sayang yang terus menerus dilimpahkan orangtua, semakin dewasa kita semakin tahu bagaimana yang namanya kasih sayang dan cinta tulus itu, jadi kasih sayang dan cinta orangtua itu adalah suatu ilmu juga menurut saya. Dan kita juga butuh ilmu untuk mengendalikan cinta, seperti tidak boleh cinta kepada makhluk-Nya lebih besar daripada cinta kepada-Nya. Untuk itu ilmu sangat diperlukan dan diutamakan menurut saya.
Anonim mengatakan…
Hii Novia, semangatt buat kuliah sama bikin tulisanya! Semoga kita bisa sering ngobrol kaya dulu.
Dari : aku, penghuni gd d yg hobby merhatiin kamu

Postingan populer dari blog ini

Privacy Policy